Berita Terkini

IN HOUSE TRAINING DAN SOSIALISASI BERITA ACARA SIDANG BAGI PANITERA PENGGANTI PENGADILAN NEGERI BLORA

05 Feb

4
Ditulis oleh Rosana, S.Kom

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Blora – Pada hari Senin tanggal, 5 Februari 2024 dilaksanakan In House Training dan Sosialisasi Berita Acara Sidang yang dilaksanakan di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yang dipimpin oleh Panitera, Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., diikuti oleh Panitera Muda, dan Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Dalam sosialisasi tersebut Panitera menerangkan tata cara pembuatan Berita Acara Persidangan yang benar serta menjelaskan mengenai Berita Acara Sidang merupakan produk yang dibuat oleh Panitera Pengganti selama proses persidangan. Berita Acara Sidang digunakan oleh Hakim/Majelis Hakim sebagai pertimbangan untuk membuat putusan. Berita Acara Sidang merupakan akta otentik. Dalam pembuatan berita acara sidang diperlukan kejujuran panitera/ panitera pengganti dalam penyusunannya sehingga obyektif, apa adanya, tidak menambah atau mengurangi fakta kejadian serta keterangan dalam persidangan yang berhubungann dengan perkara tersebut. Adapun kedudukan berita acara sidang sebagai akta otentik yang dibuat oleh pejabat berwenang, ditandatangani oleh panitera bersama ketua majelis, dibuat berdasarkan sumpah jabatan maka semua yang tertulis dalam berita acara sidang adalah sah dan resmi, kecuali dapat dibuktikan sebaliknya (misalnya dipalsukan). Hal inilah yang melatarbelakangi diadakannya In House Training dan Sosialisasi Teknis Pembuatan Berita Acara Sidang bagi Panitera Pengganti di Pengadilan Negeri Blora.

 

IN HOUSE TRAINING PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DAN SOSIALISASI KEPUTUSAN DIRJEN BADAN PERADILAN UMUM NOMOR 114/DJU/SK.HM1.1.1/I/2024

31 Jan

6
Ditulis oleh Rosana, S.Kom

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Blora - Pada hari Rabu, 31Januari 2024, Pengadilan Negeri Blora Kelas IB mengadakan In House Training Layanan PTSP di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB Peserta acara ini yang hadir secara langsung adalah para Pimpinan dan khususnya Penanggungjawab, Pengawas PTSP, Petugas PTSP, dan serta Satpam Pengadilan Negeri Blora Kelas IB. Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Aslan Ainin, S.H., M.H. dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Blora. Adapun materi yang diberikan meliputi Communication Skill for Service Excelent, Handling Complain, dan Layanan. Sosialisasi Layanan PTSP ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang datang ke Pengadilan sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor114/DJU/SK.HM1.1.1/I/2024 yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blora Bapak Muhamad Fauzan Haryadi, S.H., M.H. yang pada intinya menyampaikan agar selalu dilakukan pengawasan setiap hari maupun bulanan dan dibuat laporannya untuk menjaga pelayanan PTSP Pengadilan Negeri Blora selalu PRIMA (Profesional, Ramah, Inovatif, Melayani, Adil).

 

Website Security Test