UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DAN PENYAMBUTAN CALON HAKIM DI PENGADILAN NEGERI BLORA

01 Okt

34
Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Blora, 1 Oktober 2018, Tepat pada hari ini Bangsa Indonesia khususnya Pengadilan Negeri Blora memperingati Hari Kesaktian Pancasila yaitu dengan melaksanakan Upacara Bendera di halaman Pengadilan Negeri Blora. Kegiatan upacara ini dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blora, Ibu Makmurin Kusumastuti, S.H.,M.H. Upacara dilaksanakan dengan hikmat dan diharapkan warga Pengadilan Negeri Blora dapat mengambil makna dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Berbeda dengan hari lahirnya Pancasila, Hari Kesaktian Pancasila lebih berkaitan dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965.

 

 

Setelah melaksanakan Upacara Bendera, diadakan penyambutan 12 orang Peserta Pelatihan dan Pendidikan Calon Hakim (PPC) Terpadu Angkatan III gelombang III yang ditugaskan di Pengadilan Negeri Blora. Acara tersebut diadakan di Ruang Sidang Cakra. Dalam acara ini Ketua Pengadilan Negeri Blora memberikan sambutan dan memperkenalkan satu per satu Keluarga Besar Pengadilan Negeri Blora, diantaranya Hakim, Pegawai, dan Honorer. Setelah itu para Calon Hakim (Cakim) dipersilahkan untuk memperkenalkan diri masing-masing kepada seluruh warga Pengadilan Negeri Blora. Para Calon Hakim akan melakukan magang I selama 14 minggu. Dalam kesempatan ini Ketua Pengadilan Negeri Blora mengucapkan Selamat Datang kepada para Cakim dan berpesan agar masing-masing dapat beradaptasi dengan lingkungan pengadilan dan bisa banyak belajar selama berada di Pengadilan Negeri Blora.

 

SOSIALISASI PERMA NOMOR 3 TAHUN 2018 DAN SOSIALISASI E-COURT PADA PENGADILAN NEGERI BLORA

28 Agu

120
Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Blora, 28 Agustus 2018, Pengadilan Negeri Blora melaksanakan Sosialisasi Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi perkara di Pengadilan secara elektronik dan Sosialisasi Aplikasi e-Court dengan mengundang Advokat/Pengacara dari IKADIN, PERADI, IPHI, dan KAI Kabupaten Blora.

Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Sidang Candra Pengadilan Negeri Blora, dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan Pembicara Bapak Agustinus Asgari Mandaladewa, S.H. selaku Ketua Pengadilan Negeri Blora yang mensosialisasikan PERMA Nomor 3 Tahun 2018, Sdri. Rosana, S.Kom. sebagai penyampai materi Aplikasi e-Court, dan Sdri. Laksita Anggrarini, S.H. sebagai pembawa acara.

 

 

E-Court merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung telah mengeluarkan PERMA Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi E-Court. PERMA Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas permohonan dan gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan secara elektronik. Sedangkan untuk proses pembuktian masih harus dilakukan dengan sistem konvensional atau manual, melalui persidangan langsung dihadapan hakim.

Para Advokat/Pengacara mengikuti sosialisasi dengan sangat antusias dan mengutarakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat di era sekarang ini telah memaksa setiap orang untuk terus belajar mengikuti perkembangan yang ada. Begitupun dengan Mahkamah Agung RI yang terus berinovasi dalam melakukan perubahan administrasi di pengadilan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

 

 

Para Advokat/Pengacara sebagai pengguna aplikasi e-Court terlebih dahulu harus melakukan registrasi pada laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan melengkapi data serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan menunggu data terverifikasi oleh Pengadilan Tk. Banding. Setelah data pengguna terverifikasi maka pengguna bisa melakukan Pendaftaran Gugatan secara online melalui Aplikasi e-Court.

 

 

 

Website Security Test