Berita Terkini

KUNJUNGAN TIM BADAN PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG R.I. DALAM RANGKA PENILAIAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DI PENGADILAN NEGERI BLORA

16 Mei

30
Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Blora - Pada hari Rabu, 15 Mei 2019, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. tiba di Pengadilan Negeri Blora pada pukul 09.30 WIB yang disambut oleh segenap Hakim, Pegawai, Calon Hakim, CPNS dan Honorer Pengadilan Negeri Blora dengan yel-yel. Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Blora dalam rangka melakukan pemeriksaan kinerja dan integritas serta penilaian Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Blora. Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sesuai dengan Surat Tugas dari Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Nomor : 339/BP/ST/V/2019 tertanggal 13 Mei 2019, terdiri 4 orang yaitu:

  1. LINDI KUSUMANINGTYAS, Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Ketua ;
  2. ANDI MADERUMPU, Hakim Yustisial pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung Rl sebagai Anggota/Sekretaris ;
  3. YANALIA NURMAWATI, Staf pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI sebagai Staf Pemeriksa ;
  4. MAWARDI, Staf pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung Rl sebagai Staf Pemeriksa;

Setelah beramah tamah di ruang Ketua Pengadilan Negeri Blora, Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menuju ke Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora untuk menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI ke Pengadilan Negeri Blora tersebut. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, agenda dilanjutkan dengan sesi presentasi dan tanya jawab diawali presentasi dari Ketua Pengadilan Negeri Blora, dilanjutkan dengan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blora selanjutnya dari masing-masing koordinator yang memegang 6 area Zona Integritas di Pengadilan Negeri Blora.

Pada Kamis, 16 Mei 2019 agenda dilanjutkan dengan memeriksa beberapa ruangan dan dokumen terkait dengan pelayanan yang berada di Pengadilan Negeri Blora. Setelah Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menyelesaikan seluruh tugasnya di Pengadilan Negeri Blora maka berakhir juga kunjungan dari Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Segenap pimpinan Pengadilan Negeri Blora mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI beserta rombongan, dan berpesan untuk berhati-hati dalam melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Pati untuk melanjutkan tugasnya di Pengadilan Negeri Pati.

 

KUNJUNGAN TIM PENGAWAS PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH DALAM RANGKA PEMBINAAN DAN PENGAWASAN RUTIN DI PENGADILAN NEGERI BLORA

25 Apr

173
Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Blora – Pada hari Kamis, 25 April 2019 rombongan dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengah tiba pukul 09.00 WIB di Pengadilan Negeri Blora. Rombongan tersebut terdiri dari para Hakim Tinggi Pengawas dan Staf Pengadilan Tinggi Jawa Tengah disambut oleh segenap Hakim, Pegawai, Calon Hakim, CPNS dan Honorer Pengadilan Negeri Blora dengan yel-yel akreditasi.

Setelah beramah tamah di ruang Ketua Pengadilan Negeri Blora, Hakim Tinggi Pengawas yang terdiri dari Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. dan Bapak Eddy Risdiyanto, S.H., M.H. menuju ke Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora untuk menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Tengah ke Pengadilan Negeri Blora tersebut. Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. menyampaikan bahwa kedatangan dari Tim Pengawas untuk melakukan pembimbingan dan pendampingan serta memberikan masukan dan saran bagaimana sebuah sistem, pelayanan, dan birokrasi seharusnya berjalan pada sebuah instansi Pengadilan.

Setelah menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya tersebut, agenda dilanjutkan dengan memeriksa tiap bagian ruangan yang dimulai dari Ruang Kepaniteraan Perdata, Ruang Kepaniteraan Pidana, dan Ruang Kepaniteraan Hukum dan Ruang Server, Ruang Mediasi, Ruang Sidang, Ruang Tahanan, Toilet, Ruang Posbakum, Ruang Penuntut Umum, Ruang Penasihat Hukum, Ruang Sekretaris, Ruang Sub Bag Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana; Ruang Sub Bagian Perencana, Teknologi Informasi, dan Pelaporan; Ruang Sub Bagian Umum dan Keuangan; Taman, Lobby, Ruang Perpustakaan, dan Ruang Arsip. Pembinaan dan pengawasan tersebut berlangsung hingga sore hari.

Di penghujung pembinaan dan pengawasan rutin diadakan rapat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora pada pukul 15.45 WIB dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Blora Bapak Agustinus Asgari Mandala Dewa, S.H. dan para Hakim Tinggi Pengawas untuk memaparkan beberapa temuan hasil dari observasi selama sehari tersebut yang kemudian dipaparkan lebih detail oleh Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. selaku Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

Dalam pemaparannya, Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. menemukan kurang lebih sekitar 23 temuan yang ada di Pengadilan Negeri Blora namun dari temuan-temuan tersebut 20 diantaranya merupakan temuan-temuan yang bersifat positif, seperti ruang perpustakaan dan arsip yang tertata dengan rapi, administrasi perkara yang sudah sesuai prosedur dan lain sebagainya. Selain itu, Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Tengah menemukan temuan-temuan yang bersifat negatif namun masih dalam taraf wajar seperti adanya ketidaksesuaian antara jumlah pegawai dalam sejumlah arsip ketika memeriksa Ruang Sub Bag Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana serta menemukan beberapa ruangan yang bocor pada saat hujan deras sehingga menimbulkan berbagai bercak coklat pada langit-langit gedung pengadilan. Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. berpesan agar pengadaan Posbakum segera terlaksana karena dikhawatirkan jika tidak terlaksana pada tahun ini maka Pengadilan Negeri Blora tidak mendapatkan anggaran tersebut pada tahun depan sehingga menjadi sebuah kerugian kepada para pencari keadilan dari golongan yang tidak mampu. Bapak Rangkilemba Lakukua, S.H., M.H. meminta kepada segenap jajaran Pengadilan Negeri Blora untuk memperbaiki hal tersebut agar tidak menjadi masalah di masa mendatang.

Setelah menyampaikan beberapa temuan tersebut maka rapat selesai dan ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Bapak Agustinus Asgari Mandala Dewa, S.H. pada pukul 16.30 WIB dengan ucapan Syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kunjungan dari Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Tengah tersebut berakhir dengan yel-yel akreditasi oleh segenap Hakim, Pegawai, Calon Hakim, CPNS dan Honorer Pengadilan Negeri Blora dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Segenap Hakim, Pegawai, Calon Hakim, CPNS dan Honorer Pengadilan Negeri Blora mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Jawa Tengah beserta rombongan, dan berpesan untuk berhati-hati dalam melanjutkan perjalanan pulang menuju ke Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Website Security Test