EDUKASI E-COURT BAGI PARA ADVOKAT KABUPATEN BLORA SEBAGAI PENGGUNA TERDAFTAR

EDUKASI E-COURT BAGI PARA ADVOKAT KABUPATEN BLORA SEBAGAI PENGGUNA TERDAFTAR

21 Apr

Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Blora, 28 Maret 2019, bertempat di Ruang Sidang Kartika Pengadilan Negeri Blora, berkumpul para Advokat se-Kabupaten Blora untuk menghadiri edukasi e-Court. Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB.

Aplikasi E-Court merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI dalam rangka memberikan layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk pendaftaran perkara secara online, mendapatkan taksiran panjar biaya perkara secara online, pembayaran secara online dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Saat ini, sebagian Advokat di Kabupaten Blora belum menjadi pengguna terdaftar pada aplikasi e-Court. Menurut Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI nomor : 272/DJU/HM02.3/3/2019, tanggal 8 Maret 2019, perihal akselarasi pendaftaran perkara melalui e-court, disebutkan bahwa sehubungan telah diluncurkannya aplikasi e-court untuk pendaftaran perkara secara elektronik pada Pengadilan Negeri, maka untuk mensosialisasikan aplikasi e-court kepada Masyarakat pencari keadilan dan meningkatkan pendaftaran perkara melalui e-court, maka Pengadilan Negeri Blora memberikan edukasi dan sekaligus memfasilitasi Advokat untuk menjadi pengguna terdaftar pada aplikasi e-court.

Edukasi ini ditujukan kepada Advokat dikarenakan aplikasi e-court pada saat ini masih diperuntukkan bagi para Advokat. Edukasi di buka oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Agustinus Asgari Mandala Dewa, S.H., dengan penyampai materi Sdri. Anisa Lestari, S.H. (Calon Hakim) dibantu oleh Radhingga Dwi Setiana, S.H. (Calon Hakim). Para Advokat yang membawa persyaratan pendaftaran, dibantu untuk menjadi pengguna terdaftar pada aplikasi e-Court.

Selain acara edukasi e-Court, Ketua Pengadilan Negeri Blora mengingatkan kembali kepada para Advokat terkait penunjukan Penasihat Hukum sesuai dengan ketentuan pasal 56 KUHAP, bahwa Penasihat Hukum yang telah ditunjuk melalui Penetapan Ketua Majelis Hakim, wajib untuk menghadiri Persidangan.

Diakhir acara diadakan sessi tanya jawab terkait dengan aplikasi e-Court Mahkamah Agung RI. Setelah tidak ada lagi yang disampaikan, acara ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora pada pukul 15.30 WIB, dengan ucapan terima kasih kepada para Advokat yang telah meluangkan waktu untuk hadir.

 

 

 

 

Website Security Test