UPACARA DAN BAKTI SOSIAL MEMPERINGATI HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-74

UPACARA DAN BAKTI SOSIAL MEMPERINGATI HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-74

21 Sep

Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Blora, 19 Agustus 2019 Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama melaksanakan Upacara memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke-74 dengan tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”. Bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Blora, seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Cakim, Staf, dan Honorer Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora serta anggota Dharmmayukti Karini cabang Blora melaksanakan upacara dengan tertib. Setiap tahunnya Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora memperingati HUT Mahkamah Agung RI secara bersama-sama. Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara, Ibu Dra. Hj. Malihadza, S.H., M.H. membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI dengan uraian singkat sebagai berikut :

“Hari jadi Mahkamah Agung merupakan agenda tahunan yang tidak sekedar sebagai sebuah peringatan seremonial namun merupakan momentum untuk kembali merefleksikan keberadaan lembaga Mahkamah Agung dalam tatanan Kenegaraan serta kontribusi lembaga peradilan dalam perkembangan masyarakat dan Negara.

Tuntutan untuk   memangkas birokrasi yang tidak efisien dan   tidak efektif sudah merupakan   keniscayaan   dalam masyarakat   yang semakin adaptif dengan teknologi dan   informasi. Saat   ini semua lembaga yang memberikan layanan publik dituntut untuk mampu menangkap perubahan yang terjadi di   tengah   masyarakat,     serta   mampu   melakukan   inovasi   agar     dapat menyesuaikan   diri   dengan perubahan   masyarakat   tersebut. Inovasi dalam konteks modernisasi layanan merupakan hal yang penting sebagai pendorong bagi  lembaga-Iembaga yang memberikan   layanan publik agar   senantiasa responsif terhadap   kebutuhan   dan   aspirasi   masyarakat   serta merupakan sarana perwujudan keterbukaan   dan   akuntabilitas   lembaga publik kepada masyarakat.

Berbagai kebijakan untuk memaksimalkan   keunggulan teknologi informasi dalam   pemberian   layanan   publik   oleh   lembaga   peradilan   telah   secara bertahap   mendorong   efisiensi   di   lembaga   peradilan,   membuka   akses terhadap   keadilan,   menjadikan   lembaga peradilan   lebih transparan   dan akuntabel, serta membantu lembaga peradilan untuk menyediakan layanan yang prima kepada para   penerima layanan.”

 

 

Usai melaksanakan Upacara, selanjutnya bersama-sama menyaksikan live streaming peluncuran e-litigasi dan Himne Mahkamah Agung oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Bapak Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H, M.H., di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Blora, dan turut serta menyanyikan Himne pada saat peluncuran berlangsung.

 

 

Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-74 ini, merupakan momentum bersejarah dalam tubuh Mahkamah Agung RI yaitu peluncuran e-Litigasi dan Himne Mahkamah Agung. Ranperma e-litigasi yang telah disahkan menjadi Perma Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik telah meredesain praktik peradilan Indonesia khususnya terkait sengketa perdata dan Tata Usaha Negara dari   sistem konvensional menjadi sistem yang setara dengan praktik peradilan modern yang telah diterapkan oleh negara-negara yang dikenal maju dari sisi teknologi.

Kebijakan terkait e-litigasi memuat tiga hal utama sebagai pengembangan dari e-court yaitu pertukaran dokumen elektronik (Jawaban, Replik, Duplik, dan Kesimpulan), Pembuktian Elektronik,   dan Penyampaian Putusan Secara Elektronik. Seiring pengesahan kebijakan ini, Mahkamah Agung telah bergerak cepat dengan membuat petunjuk teknis serta melakukan sosialisasi ke Hakim dan aparatur   peradilan yang lembaganya akan dijadikan sebagai percontohan dalam penerapan e-litigasi.

E-litigasi selanjutnya akan dikembangkan dalam varian-varian perkara perdata dan Tata Usaha Negara termasuk kebijakan-kebijakan yang baru disahkan oleh Mahkamah Agung yaitu Rancangan Perma (Ranperma) tentang Tata Cara Pengajuan Keberatan Terhadap Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Ranperma tentang Perubahan atas Perma Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian gugatan Sederhana, dan Ranperma tentang Pedoman Penyelesaian Sengketa Tindakan Pemerintahan dan kewenangan mengadili perbuatan melanggar hukum oleh Badan/Pejabat Pemerintah (Onrechmatige Overheidsdaad). Kesemua kebijakan tersebut secara bertahap mengadopsi proses persidangan secara elektronik (e-litigasi) yang dimulai dengan administrasi perkara secara elektronik (e-court).

Dalam rangka HUT Mahkamah Agung RI, Pengadilan Negeri Blora juga melakukan Bakti Sosial sebagai wujud rasa syukur atas hari jadi Mahkamah Agung yang menginjak usia ke-74. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Darul Hadlonah Cabang Blora.

 

Website Security Test