SOSIALISASI INOVASI LAYANAN ONLINE PENGADILAN NEGERI BLORA, SIJATI DAN GESITPOL

SOSIALISASI INOVASI LAYANAN ONLINE PENGADILAN NEGERI BLORA, SIJATI DAN GESITPOL

01 Des

Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Blora – pada hari Kamis, 12 November 2020, Pengadilan Negeri Blora melakukan inovasi di masa pandemi Covid-19 ini berupa dua layanan berbasis WhatsApp dan Web yaitu aplikasi Siap Jawab Otomatis (SIJATI) dan Geledah Sita Tahanan Putusan Online (GESITPOL).SIJATI merupakan robot virtual yang menjadi sarana memperoleh informasi melalui pesan otomatis melaui WhatsApp. Sedangkan GESITPOL dipakai kalangan aparat penegak hukum.

Sosialisasi kedua layanan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H. yang diikuti oleh Pejabat Struktural 2 (dua) Pilar Pengadilan Negeri Blora ,Panitera Pengadilan Negeri Blora, para Hakim Pengadilan Negeri Blora, Para Panitera muda Pengadilan Negeri Blora, Kapolres Blora, KasiPidum Kejaksaan Negeri Blora, Kepala Rumah Tahanan Blora, Humas Sekretaris Daerah, dan Para Kasat Polres Blora. Sosialisai tersebut juga diikuti oleh seluruh Polsek yang ada di bawah jajaran Polres Blora secara daring atau online dengan Video Conference melalui aplikasi zoom meeting.

Materi yang dibahas selama Sosialisasi tersebut yaitu aplikasi SIJATI mempunyai tujuan bagi masyarakat yang siap menjawab pertanyaan seputar layanan dan informasi di Pengadilan Negeri Blora dengan cepat dan mudah. SIJATI menyediakan beragam informasi seperti : Info Tilang, Survey IKM, Survey IPK, Surat Keterangan, Layanan Pengaduan, Info Agenda Sidang, Info E-Court, Info Panjar, Info Perkara,Info biaya perkara, maupun Jadwal Sidang. SIJATI dapat dengan mudah diakses melalui Whatsapp dengan nomor 0812-1636-5007. Adapun aplikasi GESITPOL digunakan oleh aparat penegak hukum mempunyai tujuan untuk mempermudah para penyidik dari Polres, Kejaksaan Negeri dan Rutan Blora dalam proses Pengajuan Penyitaan, Penggeledahan, perpanjangan penahanan, maupun Petikan Putusan yang ada di Pengadilan Negeri Blora.

Sosialisasi tersebut juga telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) oleh masing – masing Instansi yang terkait yaitu Bapak BUDI SETYAWAN, SH.MH. (Ketua Pengadilan Negeri Blora), Bapak AKBP FERRY IRAWAN ,S.IK.(Kapolres Blora), YOHANES AVILLA AGUS AWANTO,S.H.(Kepala Kejaksaan Negeri Blora), Bapak DEDI CAHYADI, A.Md.IP., SH., M.Si. (Kepala Rumah Tahanan Blora).

Selain SIJATI dan GESTPOL, dihadapan para tamu undangan dan media massa, Ketua Pengadilan Negeri Blora juga memperkenalkan aplikasi Kembang Desa (Kemitraan Membangun Desa) yang merupakan inovasi dari Pengadilan Tinggi Semarang. Aplikasi Kembang Desa digunakan untuk mempermudah mencari informasi dan layanan seputar Pengadilan. Aplikasi tersebut bekerjasama dengan pihak – pihak Kelurahan Desa, agar masyarakat yang terkendala dengan fasilitas dapat dengan mudah mendapatkan layanan dari Pengadilan.

Bapak Budi Setyawan,S.H.,M.H. (Ketua Pengadilan Negeri Blora) berharap melalui kegiatan ini seluruh pihak – pihak yang terkait dapat menggunakan Aplikasi Layanan tersebut dengan baik sehingga dalam pelaksanaannya membantu mempermudah segala pengguna.

 

 

Website Security Test