SOSIALISASI APLIKASI ATR/ATP DI PENGADILAN NEGERI BLORA

SOSIALISASI APLIKASI ATR/ATP DI PENGADILAN NEGERI BLORA

22 Sep

Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Blora, 8 Januari 2018, Sub. Bagian Perencanaan, TI, dan Informasi Pengadilan Negeri Blora melaksanakan sosialisasi Aplikasi ATR/ATP di Ruang Sidang Candra. ATR (Audio to Text Recording ) atau disebut juga sebagai ATP (Aplikasi Transkip Persidangan) adalah merupakan aplikasi yang akan mentranskip setiap kata yang diucapkan para pihak di persidangan kedalam bentuk tulisan secara realtime. ATR mempunyai tiga fungsi yaitu : pertama, merekam suara persidangan dan mengubahnya menjadi teks transkripsi secara otomatis dan realtime. Kedua, meringkas teks transkripsi tersebut menjadi catatan sidang elektronik (risalah sidang). Ketiga, menjadi media pengelola arsip persidangan.

 

 

Selain fungsi tersebut, ATR juga memiliki beberapa fitur lain, seperti edit, yang memungkinkan notulis melakukan koreksi terhadap kesalahan transkip pada saat persidangan berlangsung. Fitur pencarian, akan memudahkan pencarian data dan informasi (dari sisi nomor perkara). Aplikasi ini juga bisa melakukan multiple conversation, yakni dapat merekam percakapan lebih dari 2 (dua) orang. Dengan menggunakan ATR ini, proses pencatatan hasil persidangan elektronik dapat mewujudkan pelayanan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Sosialisasi Aplikasi ATR/ATP dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Agustinus Asgari, S.H., pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh Hakim, Panitera Pengganti, serta Honorer dengan dipandu oleh sdri. Rosana, S.Kom. Dalam sosialisasi tersebut dilakukan simulasi seperti persidangan yang sesungguhnya dengan dilakukan tanya jawab antara Hakim Ketua, Hakim Anggota 1, Hakim Anggota 2, Penasehat Hukum, Jaksa Penuntut Umum, dan Saksi.

Pelaksanaan sosialisasi berjalan dengan lancar, para Hakim dan Panitera Pengganti memahami cara kerja aplikasi tersebut. Sosialisasi melibatkan para Honorer yang nantinya akan membantu Panitera Pengganti yang mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perangkat ATR/ATP ini. Sosialiasai ditutup dan berakhir pada pukul 10.30 WIB.

 

 

Website Security Test