PERINGATAN HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-73 PADA PENGADILAN NEGERI BLORA

PERINGATAN HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE-73 PADA PENGADILAN NEGERI BLORA

22 Sep

Written by Rosana, S.Kom

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Blora, tanggal 19 Agustus 2018 adalah merupakan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-73. Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung ke-73 ini mengambil tema “Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”.

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora bersama-sama melaksanakan Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI. Pada peringatan yang ke-73 ini, halaman kantor Pengadilan Negeri Blora menjadi tempat diselenggarakannya Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI. Upacara yang bertepatan dengan hari libur tersebut dilaksanakan dengan nuansa berbeda yaitu dengan menghadirkan suasana olah raga yang mempunyai pesan bahwa dengan menjalankan aktifitas olah raga, maka tubuh akan menjadi sehat, dan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat “Mens sana in Corpore Sano”. Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB diikuti oleh lebih dari 100 orang yang terdiri dari seluruh Hakim, Pegawai, dan Honorer Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora.

 

 

Pada peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-73 ini, Ketua Mahkamah Agung RI menyampaikan penghargaan   yang setinggi-tingginya kepada seluruh   warga peradilan dari Sabang sampai Merauke yang telah bekerja keras dengan penuh kesungguhan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya serta senantiasa menciptakan inovasi-inovasi bagi kemajuan dunia peradilan sebagai bentuk upaya menuju badan peradilan yang agung.

Tantangan untuk mewujudkan lembaga peradilan yang unggul dengan salah satu parameternya yaitu peradilan yang efektif dan efisien bukanlah pekerjaan yang mudah. Mahkamah Agung mendorong pemanfaatan teknologi informasi sebagai bagian dari modernisasi lembaga peradilan yang dapat membantu mengatasi segala hambatan dan rintangan demi tercapainya peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan. Penerapan teknologi informasi diyakini memberikan keuntungan dari segi kecepatan, konsistensi, ketepatan, dan keandalan.

Pada pertengahan tahun 2018, tepatnya pada tanggal 4 April 2018, Mahkamah Agung telah melakukan lompatan besar di bidang transformasi teknologi dengan menerbitkan Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Perma tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi e-court dengan tiga fitur utama yaitu pendaftaran perkara (e- filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons). Kebijakan ini juga telah menyediakan payung hukum untuk dimulainya persidangan secara elektronik (E- Litigation) dengan memperkenalkan proses jawab jinawab secara elektronik yang bisa terus kita kembangkan dengan kreativitas dan inovasi dengan tetap berpijak pada asas-asas   penyelengaraan peradilan. Apabila implementasi e-court berjalan sesuai rencana, maka hal ini akan secara fundamental mengubah praktek pelayanan keperkaraan di pengadilan serta akan memberikan dampak yang besar terhadap integritas warga pengadilan dengan menekan interaksi antara pencari keadilan dan aparatur peradilan sehingga menutup celah terjadinya pelanggaran hukum dan etika. Penerapan e-court ini juga akan membawa peradilan Indonesia satu langkah lagi mendekati praktek peradilan di negara-negara maju.

Demikian penggalan amanat Ketua Mahkamah Agung RI yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Agustinus Asgari Mandaladewa, S.H. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-73.

 

 

Selesai Upacara, semua berkumpul di Lobby untuk tasyakuran sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada Allah SWT bahwasanya Mahkamah Agung RI telah 73 tahun tumbuh sebagai Badan Peradilan di Indonesia yang akan terus berinovasi untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung. Pada kesempatan tersebut, PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Blora turut memberikan ucapan “Selamat Ulang Tahun yang ke-73” kepada Mahkamah Agung RI serta memberikan apresiasinya kepada Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora yang telah bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia dalam melayani masyarakat pencari keadilan.

 

 

Usai tasyakuran, kegiatanpun masih berlanjut. Pengadilan Negeri Blora dan Pengadilan Agama Blora beradu dalam lomba tarik tambang. Dimulai dari Honorer, Kesekretariatan, Kepaniteraan, dan para Hakim. Seluruh peserta larut dalam kemeriahan lomba yang penuh dengan gelak tawa. Diakhir acara, diumumkan doorprize sebagai penutup dari kemeriahan Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke-73.

 

Selamat Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia ke-73

”Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi”

 

 

Website Security Test