Kegiatan Pengadilan

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LAYANAN DISABILITAS DARI YAYASAN SENTRA ADVOKASI PEREMPUAN, DISABILITAS, DAN ANAK (SAPDA)

07 Sep

Blora, 7 September 2021. Pengadilan Negeri Blora Kelas IB mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Layanan Disabilitas dari Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Disabilitas, dan Anak (SAPDA).Dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, dilanjutkan sambutan dari Direktur Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Disabilitas dan Anak (SAPDA) diikuti oleh semua pegawai Pengadilan Negeri Blora terutama pertugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta Satpam dan dihadiri Komunitas Difabel Blora Mustika (DBM).

Dalam acara tersebut bertujuan untuk menjadikan Pengadilan Negeri Blora menjadi Lembaga peradilan yang Inklusif. Lembaga peradilan yang harus terbuka bagi siapa pun, termasuk penyandang disabilitas. Acara yang berlangsung di ruang siding utama Pengadilan Negeri Blora tersebut membahas berbagai hal yang menyangkut disabilitas dalam berhadapan dengan hukum. Pengadilan Negeri Blora dengan upaya yang sudah menyediakan layanan dan infrastruktur yang aksesibel. Layanan tersebut berupa penyediaan fasilitas ramp, kursi roda, toilet bagi disabilitas, dan ruang tunggu khusus difabel yang diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada para penyandang disabilitas sebagai pengguna layanan pengadilan. Selain layanan dalam bentuk fisik, Pengadilan Negeri Blora juga sudah mulai mengenali dan memahami kondisi ragam disabilitas yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan Mainstreaming Disability bersama Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Disabilitas, dan Anak (SAPDA). Dan pada tanggal 7 September 2021 SAPDA berkesempatan memberikan pelatihan langsung cara berinteraksi dengan disabilitas kepada semua pegawai dan hakim di Pengadilan Negeri Blora dengan menghadirkan langsung empat ragam penyandang disabilitas, sekaligus membahas pendampingan dan kerjasama antara Pengadilan Negeri Blora Kelas IB dengan Yayasan Sentra Advokasi Perempuan, Disabilitas dan Anak (SAPDA) dalam membangun Pengadilan Negeri Blora Kelas IB menjadi Lembaga Peradilan yang Inklusif.

 

 

 

 

 

 

PENYERAHAN PENGHARGAAN PEGAWAI TELADAN TRIWULAN II DAN AGEN PERUBAHAN SEMESTER II TAHUN 2021

24 Agu

Blora - Selasa, 24 Agustus 2021, bertempat di Ruang Sidang Cakra, Pengadilan Negeri Blora melaksanakan penyerahan penghargaan Pegawai Teladan Triwulan II dan Agen Perubahan Semester II Tahun 2021. Penyerahan penghargaan ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H. yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staff, dan Pramubakti. Acara tersebut juga diikuti oleh seluruh pegawai secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Dari hasil pemilihan beberapa nominasi, telah dipilih sebagai Pegawai Teladan Triwulan II Tahun 2021 adalah:

  1. Pegawai Teladan Bagian Kepaniteraan adalah : Reni Yuli Artanti, S.H., Panitera Pengganti yang diperbantukan di Kepaniteraan Muda Pidana;
  2. Pegawai Teladan Bagian Kesekretariatan adalah : Rosana, S.Kom, Kepala Sub Bagian PTIP;
  3. Pegawai Teladan Pramubakti adalah : Suwono, Pramubakti sekaligus Driver Ketua Pengadilan Negeri Blora;

Dan sebagai Agen Perubahan Semester II Tahun 2021 adalah Agus Yulianto, S.E., Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan.

 

Penyerahan penghargaan Pegawai Teladan dilaksanakan pada saat Rapat Bulanan, Bulan Agustus Tahun 2021. Acara tersebut dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

 

 

 

ASSESSMENT SURVEILLANCE PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH PADA PENGADILAN NEGERI BLORA KELAS IB

20 Agu

Blora, 20 Agustus 2021. Pengadilan Negeri Blora Kelas IB telah melaksanakan Assessment Surveillance oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tengah secara Teleconference di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan susuna acara sebagai berikut :

  1. Acara dibuka Pukul 09:00 WIB dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Mahkamah Agung;
  2. Pembacaan Doa;
  3. Pengantar dari Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB;
  4. Pengantar dan perkenalan Tim Assessment Surveillance Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi (PM-PT) Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di Semarang, oleh Bapak Bernadus William Charles Ndaumanu, S.H., M.H. Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, selaku Lead Asesor, yang menyampaikan sekaligus membuka pelaksanaan Assessment Surveillance melalui serta Pendampingan Penerapan Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM);
  5. Pembacaan Ikrar Bersama
  6. Penandatanganan Nota Kesepahaman yang disampaikan dalam dokumen elektronik
  7. Mengumandangkan Yel-yel.

 

 

Pelaksanaan Assessment sampai dengan Pukul 16:00 WIB, sekaligus penutupan serta penyampaian Laporan Hasil Assessment Surveillance oleh Lead Assessor Tim Assessment Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi (PM-PT) Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di Semarang dan Penyerahan Laporan Hasil Assessment melalui Dokumen Elektronik kepada Ketua Pengadilan Negeri Blora.

 

 

 

PEMBINAAN DAN RAPAT KERJA BULAN AGUSTUS TAHUN 2021 SERTA MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

24 Agu

Blora – Selasa, 24 Agustus 2021, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora, dilaksanakan Rapat Kerja Bulan Agustus sekaligus Rapat Monitoring dan Evaluasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Dalam rapat tersebut Ketua Pengadilan Negeri Blora menyampaikan bahwa pelaksanaan SIPP adalah merupakan kerja sebuah tim. Implementasi SIPP tidak akan bisa berjalan kalau salah satu anggota tim tidak bekerja secara maksimal. Karena itu sangat diperlukan kekompakan dan kerjasama yang baik. Rapat monitoring dan evaluasi SIPP secara rutin diadakan setiap bulan untuk memantau penyelesaian perkara, minutasi, dan kendala yang dialami dalam implementasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara.

 

 

Usai monitoring dan evaluasi SIPP, Ketua Pengadilan Negeri Blora mempersilahkan Bapak Wendy Pratama Putra, S.H. sebagai Ketua Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Blora untuk memaparkan mengenai Pembangunan Zona Integritas telah dilakukan di Pengadilan Negeri Blora. Monitoring dan evaluasi ini diperlukan untuk mengetahui perkembangan Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Blora.

 

 

KEGIATAN BAKTI SOSIAL PENGADILAN NEGERI BLORA PEDULI COVID-19 DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA KE-76

19 Agu

Blora, 19 Agustus 2021, Keluarga Besar Pengadilan Negeri Blora Kelas IB memperingati  Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung Republik Indonesia Ke-76 dengan acara Penyerahan Penghargaan Satyalencana secara simbolis kepada :

1. Bapak Rahmat Dahlan, S.H.

2. Bapak Achmad Soberi, S.H., M.H.

3. Bapak Soeroso Windoe Soediatmiko Sastro A., S.H., M.H.

4. Bapak Agus Yulianto, S.E.

5. Ibu Hj. Sumiyati, S.H.

Sekaligus acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kegiatan Bakti Sosial Pengadilan Negeri Blora Peduli Covid-19 dengan membagikan sembako kepada Pramubakti dan Masyarakat sekitar lingkungan Pengadilan Negeri Blora. Rangkaian acara tersebut dilaksanakan usai mengikuti Upacara memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke-76 secara Virtual.

 

Website Security Test