Kegiatan Pengadilan

ASESMEN INTERNAL AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PENGADILAN NEGERI BLORA KELAS IB SEMESTER II TAHUN 2021

03 Des

Blora – Pada hari Senin tangal, 29 November 2021 dilaksanakan opening sekaligus dimulainya kegiatan Asesmen Internal Pengadilan Negeri Blora Kelas IB Semester II Tahun 2021 sampai dengan hari kamis tanggal, 2 Desember 2021. Sebagai Top Manager yaitu Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., Sebagai Quality Management Representatif (QMR) Bapak Ahmad Soberi, S.H., M.H., dan Ketua Tim Asesmen Internal Bapak Wendy Pratama Putra, S.H. serta semua Asesor yang dibantu oleh Asisten tim Asesmen Internal melaksanakan kegiatan asesmen selama empat hari mulai hari Senin tangal, 29 November 2021 sampai dengan hari kamis tanggal, 2 Desember 2021. Setelah kegiatan pelaksanakan Asesmen Internal, acara dilanjut dengan closing pada hari Jumat tanggal, 3 Desember 2021 dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB dan juga diikuti secara daring (online) melalui Aplikasi Zoom Meeting mulai pukul 14.00 WIB dengan tetap menjaga protokol kesehatan yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Kegiatan Closing diawali dengan sambutan Ketua Tim Asesmen Internal Bapak Wendy Pratama Putra, S.H. sekaligus pembacaan hasil Temuan Asesmen, dilanjutkan sambutan Quality Management Representatif (QMR) Bapak Ahmad Soberi, S.H., M.H., dan sambutan Top Manager Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., yang mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yang telah melaksanakan kegiatan asesmen dengan maksimal.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan laporan hasil Assesment Internal dari Bapak Wendy Pratama Putra, S.H. selaku Ketua Tim Assesment Internal kepada Bapak Ahmad Soberi, S.H., M.H., selaku Quality Manager Representative (QMR) selanjutnya Bapak Ahmad Soberi, S.H., M.H., menyerahkan kepada Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., selaku Top Manager Akreditasi Penjaminan Mutu (APM).

Acara tersebut kemudian ditutup oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., selaku Top Manager Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

 

DESK EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK OLEH TIM PENILAI NASIONAL KEMENPAN-RB

17 Nov

Blora – Pada hari Rabu, tanggal 1November 2021, Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H. beserta Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Negeri Blora Kelas IBmenghadiri acara Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMANPAN-RB) yang dilaksanakan secara secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Dalam kegiatan kali ini, Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H.memaparkan program dan inovasi yang dilakukan dalam pembangunan zona integritas pada 6 area perubahan zona integritas, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Juga memaparkan mengenai identifikasi dan mitigasi risiko integritas dalam pelaksanaan pelayanan pada unit kerja, Inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas untuk mencegah KKN dihadapan team penilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab.

Desk evaluasi pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) ini, merupakan salah satu tahapan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), sehingga diharapkan indek persepsi korupsi dan pelayanan publik dapat menjadi lebih baik.

 

KUNJUNGAN TIM PENGAWASAN REGULER PENGADILAN TINGGI JAWA TENGAH PADA PENGADILAN NEGERI BLORA KELAS IB

11 Nov

Blora Kamis, 11 November 2021 Pukul 09.00 WIB mendapatkan kunjungan dari Pengadilan Tinggi Jawa Tengahdalam hal “Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Jawa Tengah” pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yang dipimpin oleh Bapak Bernadus William Charles Ndaumanu, S.H., M.H., Bapak Fakih Yuono, S.H., dan Bapak Djumadi, S.H., M.H., yang dibantu oleh tiga (3) orang staf Pengadilan Tinggi Jawa Tengah yaitu Ibu Sri Hartini, S.H., M.H., Ibu Afiah, S.H., M.H., danIbu Finka Poetrie Yulianingrum, A.Md.

Setelah beramah tamah di ruang Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Hakim Tinggi Pengawas membuka (Opening Meeting) Pengawasan Reguler Pengadilan Tinggi Jawa Tengah oleh Ketua Tim Pengawasan Reguler Pengadilan Tinggi Jawa Tengah di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB didampingi Ketua Pengadilan Negeri Blora dan Hakim Tinggi Pengawas dihadiri Oleh Rombongan Tim Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Jawa Tengah dan Warga Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Setelah melakukan Pembukaan (Opening Meeting), Tim Pengadilan Tinggi Jawa Tengah melanjutkan agendanya melaksanakan pengawasan setiap ruangan yang ada di Pengadilan Negeri Blora Kelas IB mulai dari Kepaniteraan Perdata, Kepaniteraan Pidana, Subbagian Umum dan Keuangan,Kepaniteraan Hukum, Subbagian Perencana, Teknologi Informasi, dan Pelaporan hingga Organisasi, dan Tata Laksana. Pemeriksaan tersebut berlangsung sampai dengan kurang lebih pukul 16.00 WIB.

Pengawasan Reguler Pengadilan Tinggi Jawa Tengah pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB diakhiri dengan penutupan (closing meeting) di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB pada pukul 16.30 WIB dan untuk memaparkan beberapa temuan hasil dari pengawasan selama sehari tersebut.

Dalam pemaparannya, Bapak Djumadi, S.H., M.H., menyatakan bahwa Pengadilan Negeri Blora Kelas IB secara umum telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara baik walaupun terdapat beberapa temuan-temuan yang bersifat minor dan masih dalam taraf wajar seperti adanya Register pada Kepaniteraan Perdata dan Kepaniteraan Pidana masih terdapat beberapa kolom yang belum terisi lengkap, Buku peminjaman berkas Kepeniteraan Hukum pada kolom pengembalian ada tanda tangan tetapi tidak ada nama terang, kartu control kebersihan yang beberapa masih belum terisi, dan beberapa yang di antaranya juga bersifat minor.

Tim Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Jawa Tengah meminta kepada segenap jajaran Pengadilan Negeri Blora Kelas IB untuk segera menindaklanjuti hal tersebut agar tidak menjadi masalah di masa mendatang. Setelah menyampaikan beberapa temuan tersebut maka rapat selesai dan ditutup oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah , Bapak Bernadus William Charles Ndaumanu, S.H., M.H., dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

 

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANMUD PERDATA, PANMUD HUKUM, DAN PANMUD PIDANA PENGADILAN NEGERI BLORA

12 Nov

Blora – Pada hari Jumat, tanggal 12 November 2021, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, diadakan Acara Pelantikan dan Pengambilan SumpahJabatan Panitera Muda Perdata Atas Nama Bapak Didik Riyadi, S.H., Panitera Muda HukumAtas Nama Bapak Isnu Julianto, S.H., Panitera Muda Pidana Atas Nama Bapak Nanang Latif Andrianto, S.H. pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Acara dilaksanakan sekitar pukul 14.00 WIB dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Para Hakim, Para Pejabat Struktural, Fungsional, Para Pegawai danPramubakti Pengadilan Negeri Blora Kelas IB. Acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan dari keluarga Bapak Isnu Julianto, S.H., dan keluarga Bapak Nanang Latif Andrianto, S.H. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Himne Mahkamah Agung RI oleh seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Bapak Didik Riyadi, S.H., Sebagai Panitera Muda Perdata, Bapak Isnu Julianto, S.H., Sebagai Panitera Muda Hukum, dan Bapak Nanang Latif Andrianto, S.H. Sebagai Panitera Muda Pidana, dilantik langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., bertindak sebagai saksi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan tersebut yaitu Panitera Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yaitu Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., dan Sekretaris Pengadilan Negeri Blora Kelas IB BapakImam Suranto, S.H., Serta bertindak sebagai Rohaniawan Bapak Zaenudin.

Acara Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Pakta Integritas dan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H., dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB mengucapkan selamat kepada Bapak Didik Riyadi, S.H., Sebagai Panitera Muda Perdata, Bapak Isnu Julianto, S.H., Sebagai Panitera Muda Hukum, dan Bapak Nanang Latif Andrianto, S.H. Sebagai Panitera Muda Pidana, semoga dengan jabatan yang baru ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB berharap agar Bapak Didik Riyadi, S.H., Sebagai Panitera Muda Perdata, Bapak Isnu Julianto, S.H., Sebagai Panitera Muda Hukum, dan Bapak Nanang Latif Andrianto, S.H. Sebagai Panitera Muda Pidana, selalu memegang sumpah jabatan yang telah di ikrarkan sehingga dapat menjadi pegangan dalam melaksanakan tugas jabatannya.

Acara yang berlangsung khidmat tersebut ditutup dengan pembacaan doa oleh Bapak Zaenudin. Acara selanjutnya dilakukan sesi foto bersama serta pemberiaan ucapan selamat dilanjutkan dengan sesi ramah tamah dengan seluruh tamu undangan yang hadir.

 

PELANTIKAN, PENGAMBILAN SUMPAH DAN SERAH TERIMA JABATAN PANITERA PENGADILAN NEGERI BLORA KELAS IB

08 Nov

Blora – Senin, 8 November 2021, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Menindaklanjuti Surat Keputusan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1319/DJU2/KP04.5/10/2021 Tanggal 13 Oktober 2021 Tentang Promosi dan Mutasi Tenaga Teknis Kepaniteraan Di Lingkungan Peradilan Umum diadakan Acara Pelantikan, Pengambilan Sumpah dan Serah Terima Jabatan Panitera Atas Nama Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., pada Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Mengingat kondisi Negara Indonesia yang tengah menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) maka acara tersebut hanya dihadiri Hakim, Sekretaris, Para Panitera Muda, Para Kepala Subbagian (Kasubbag) Pengadilan Negeri Blora Kelas IB dan tamu undangan dari Pengadilan Negeri Kraksaan Kelas IB dengan memperhatikan aturan yang telah ditetapkan Pemerintah guna menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB lalu dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut. Prosesi pelantikan berlanjut dengan pembacaan Surat Keputusan oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yaitu Bapak Imam Suranto, S.H. Setelah itu acara dilanjutkan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H. terhadap Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., yang semula berkedudukan sebagai Panitera Pengadilan Negeri Kraksaan Kelas IB menjadi Panitera Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Bertindak sebagai saksi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan tersebut yaitu Bapak Achmad Soberi, S.H., M.H. Hakim Pengadilan Negeri Blora Kelas IB dan Bapak Rahmat Dahlan, S.H., Hakim Pengadilan Negeri Blora Kelas IB serta Bapak Zaenudin sebagai Rohaniawan. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Pakta Integritas oleh Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., dan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB, Bapak Budi Setyawan, S.H., M.H. mengucapkan selamat kepada Ibu Endang Hartuti Wati, S.H., semoga dengan jabatan yang baru ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh Rohaniawan yaitu Bapak Zaenudin.

 

Website Security Test