Kegiatan Pengadilan

UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2024

01 Jun

Blora - Pada hari Sabtu, 1 Juni 2024 Pengadilan Negeri Blora Kelas IB memperingati Hari Lahir Pancasila yaitu dengan melaksanakan Upacara dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Blora Kelas IB. Kegiatan upacara ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Blora, Bapak Aslan Ainin, S.H.,M.H. sebagai Pembina upacara diikuti oleh seluruh Hakim, ASN, dan PPNPN, Meskipun Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada hari Sabntu 1 Mei 2024, namun sesuai dengan Surat Plt. Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 3011/SEK/HM3.1.1/V/2024 perihal Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 menyebutkan bahwa Untuk menindaklanjuti arahan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia berkenaan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 serta memperhatikan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.

Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2023 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” Tema ini menjelaskan dengan logo berupa Sandya Taru yang berarti Pohon Persatuan. Logo ini mencerminkan persatuan, gotong royong, dan kesetaraan. Sandya Taru atau Pohon Persatuan tercipta dari nilai Pancasila ketiga “Persatuan Indonesia” dengan simbol Pohon Beringin. Layaknya pohon yang bermakna sumber kehidupan, Pancasila lahir menjadi kekuatan bangsa Indonesia.

 

UPACARA MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2024 DI PENGADILAN NEGERI BLORA

20 Mei

Blora - Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024, Pengadilan Negeri Blora Kelas IB melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yang beralamat Jalan Raya Blora - Cepu Km. 5 Kabupaten Blora pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB Sebagai Inspektur Upacara yaitu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blora Kelas IB Bapak Muhamad Fauzan Haryadi, S.H., M.H., dan Bapak Alam Tri Wahono sebagai Komandan Upacara. Upacara diikuti oleh Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai, dan PPNPN Pengadilan Negeri Blora Kelas IB.

Tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 adalah "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas".Hari ini, mengutip dari apa yang di sampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia adalah kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong

“Indonesia Emas”. Setelah seluruh rangkaian upacara tersebut ditutup dengan sesi doa,secara keseluruhan Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 di Pengadilan Negeri Blora Kelas IB berjalan tertib, lancar dan penuh khidmat.

 

 

 

KEGIATAN PENGADILAN NEGERI BLORA DI BULAN SUCI RAMADHAN 1445 H

20 Mar

Blora, di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah Pengadilan Negeri Blora Melaksanakan Beberapa Kegiatan rohani antara lain pengajian pada setiap pagi yang dilaksanakan di Mushola Al Muttaqin Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yaitu membaca Ayat Suci Al-Qur’an dan tauziah singkat. Serta pada hari Rabu, 20 Maret 2024, dalam rangka untuk meningkatkan kadar keimanan pada bulan Ramadhan yang penuh berkah, sudah menjadi tradisi bertahun-tahun diadakan buka puasa bersama dengan mengundang Keluarga Besar Pengadilan Negeri Blora. Acara di mulai pada sore hari pukul 17.00 WIB dengan mendengarkan tausyah bertema nilai-nilai yang terkandung dalam Puasa Ramadhan sampai tiba waktu berbuka puasa, yang juga dilaksanakan di Mushola Al Muttaqin Pengadilan Negeri Blora Kelas IB yang dihadiri oleh segenap Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural, dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Blora dan Anggota Dharmayukti Karini Cabang Blora yang beragama Islam.


Kegiatan Buka Puasa Bersama juga bertujuan untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi antar Keluarga Besar Pengadilan Negeri Blora. Pada saat berbuka puasa, semuanya bersatu, berkumpul dan bercengkerama satu dengan yang lain dan bersama-sama menunaikan sholat maghrib berjamaah, dan diakhiri dengan Shalat Tarawih berjamaah. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan, dan kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan yang akan datang. Amin Ya Robbal 'Alamin.

 

PENGHARGAAN UNTUK PENGADILAN NEGERI BLORA OLEH KETUA PENGADILAN TINGGI SEMARANG

22 Apr

Pada hari Senin, 22 April 2024, Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris Pengadilan Negeri Blora mengikuti kegiatan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Semarang dan Halal Bihalal Pengadilan Tinggi Semarang dan Pengadilan Negeri se-Jawa Tengah yang bertempat di Alam Indah Hotel & Resto, Jalan Setia Budi Nomor 12, Semarang.

Dalam acara Pembinaan dan Halal Bihalal Tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Semarang juga memberikan penghargaan kepada beberapa Ketua Pengadilan Negeri se-Jawa Tengah. Salah satu Pengadilan yang mendapat penghargaan yaitu Pengadilan Negeri Blora dimana mendapatkan 2 (dua) kategori penghargaan. Diantaranya yaitu:
1.    Piagam Penghargaan Atas Pencapaian Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran “TERBAIK I” KATEGORI Pelaksanaan DIPA 01 Tahun 2023 Pada Pengadilan Tingkat Pertama di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi semarang. Dengan Nilai (99,30)
2.    Piagam Penghargaan Atas Pencapaian Nilai Evaluasi Implemantasi SIPP (EIS) Tahun 2023 “HARAPAN I”  Kelas IB Kategori 1-500 Perkara Pada Pengadilan Tingkat Pertama di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi semarang. Dengan Skor 979,98.

 

 

Dengan mendapatkannya penghargaan tersebut Ketua Pengadilan Negeri Blora menyampaikan terimakasih kepada seluruh aparatur atas kinerjannya semoga kedepannya Pengadilan Negeri Blora mendapatkan capaian yang lebih baik lagi.

 

BAKTI SOSIAL DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN IKAHI KE-71

20 Mar

Blora - Pada hari Rabu, 20 Maret 2024. Ketua, Wakil Ketua dan Para Hakim Pengadilan Negeri Blora Kelas IB Sebagai salah satu wujud kepedulian kepada anak yatim piatu di wilayah Kabupaten Blora Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) IKAHI ke-71 tahun 2024 yang jatuh pada tanggal, 20 Maret 2024 dengan tema "Hakim Berintegritas Pengadilan Bermartabat". Mengadakan Bakti Sosial memberikan santunan di Pondok Pesantren Miftahul Amal yang berlokasi di Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang diterima langsung oleh perwakilan dari Pondok Pesantren Miftahul Amal. Sementara itu pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Amal mengapresiasi yang dilakukan Ketua, Wakil Ketua dan Para Hakim Pengadilan Negeri Blora atas kepeduliannya kepada para santri. Mewakili Pondok Pesantren Miftahul Amal beliau menyampaikan terima kasih.

Website Security Test